Pengalaman Sekolah Nyebrang Pulau ✌

Hello hello hello..
Kali ini aku mau share pengalaman aku 3 tahun di Riau. Ngga 3 tahun deh kayaknya, cuman bertahan 1 tahun 9 bulan karena kepotong covid kan. Iya, aku sekolah di MAN Insan Cendekia Siak sejak 2018 sampe 2021. So, aku baru lulus tahun ini. Yuhuu, jadi anak kuliahan dong sekarang. 
~Back to topic utama~
Jadi kenapa aku share cerita ini?

Ya kalian boleh bayangin boleh ngga. Aku asli Tasikmalaya nih, Jawa Barat. Tiba-tiba di usia 15 tahun aku memutuskan untuk sekolah luar kota, luar provinsi, luar pulau. Untung belom luar planet kan. Di usia 15 tahun aku mutusin buat sekolah jauh dari orang tua, gaada satu pun saudara yang tinggal di Riau. Wahh, sekarang kalo di pikir-pikir, berani banget nih anak nyalinya. Ntar kalo tiba-tiba sakit gimana? Yang mau ngurus siapa? Kalo ada kebutuhan mendadak ini itu gimana? Anak umur 15 tahun ga bawa apa-apa, ga bawa siapa-siapa bisa survive ga ya di tempat yang ribuan kilometer jaraknya dari rumah. Waduhh, pas aku minta izin buat sekolah di Siak, Riau ini aja alm. ayah aku dilemanya luar biasa. Sampe minta tolong ustadz apa ulama gitu buat doain aku di pesantren ulama itu. Khususon buat aku loh. Daebakk emang.

Alasan kenapa aku tiba-tiba pilih MAN Insan Cendekia Siak untuk jenjang SMA aku itu cuman satu. Ruzaina yang baru berumur 15 tahun saat itu hanya berfikir "aku ingin naik pesawat untuk pergi ke sekolah". See!! Bocah banget emang kan. Tapi gak apa-apa. Dari keputusan Ruzaina 15 tahun itu, membuat Ruzaina mencapai di titik ini. Lolos SBMPTN di Universitas Brawijaya 😎. Ya mungkin bagi segolongan orang ini bukan merupakan pencapaian yang luar biasa. Bagi aku, tentu sebuah pencapaian yang patut di apresiasi :) Setiap orang pasti punya target yang berbeda-beda sobat. Kita gabisa buat semua orang punya privilege yang sama. 
"Every thing has their own target, do not push it by yours."

Sekarang kita bicarain MAN IC Siak nya deh. Jujur, yang bakal cinta banget sama sekolah di tahun pertama itu sangat-sangat sedikit ga sih. Kebanyakan warga sekolah bakalan nyari semua kekurangan, semua kelemahan, semua hal-hal yang merugikan diri mereka oleh pihak sekolah, ya kan. Aku juga kayak gitu, ya namanya siswa kelas 1 SMA. Seorang remaja yang suka sok bener padahal cuman keras kepala aja. Akhirnya pas kelas 11 dipaksa untuk memperbagus citra sekolah, tapi jangan salah paham. Awalnya emang terasa dipaksa, tapi justru momen itu yang buat kita sadar. Betapa bersyukurnya, betapa beruntungnya aku bisa bergabung di keluarga MAN IC SIAK. Terutama di angkatan Neoma Almaz. Beuhh, gaada dua emang. Seneng banget nget nget nget kalo udah bahas angkatan. Kalian emang bakal se solid itu loh kalo sekolah di IC. Kalian tiba-tiba kompak aja gitu. Se sayang itu sama Neoma Almaz. Salah satu faktor besar yang buat aku bangga sekolah di MAN IC SIAK yaitu Neoma Almaz. Debest 👍👍 

Selain dari sosialnya, akademik MAN IC SIAK terbilang sangat bagus sistemnya. Mulai dari tes matrikulasi untuk menentukan kelas IPA dan IPS nya. Jadi, sebelum ditanya pengen masuk kelas IPA atau IPS disana itu diadain Tes Matrikulasi terlebih dahulu. Untuk meninjau seberapa tahu pengetahuan Sains dan Matematikanya. Tapi tenang, yang masuk kelas IPS bukan berarti ga bisa Matematika sama IPA. Ada yang pas SMP nya juara olimpiade Matematika tapi dia milih IPS untuk SMA nya. Semua itu mungkin loh. No discrimination any more, ok! Terus sistem belajar untuk kelas olimpiade nya juga keren banget. Kayaknya tiap sekolah boleh banget niru sistem ini. Jadi MAN IC SIAK itu menyatukan semua siswa olimpiade dalam 1 kelas. Olimpiade mewakili MAN IC SIAK maksudnya ya, bukan yang SMP nya dia ikut olimpiade. Lah, darimana kita tahu kalo dia anak olimpiade? Pembagian kelas kan dari kelas 10. Nahh, mereka yang mau ikut olimpiade itu ada seleksi nya lagi. Kerennya ICSIAK itu, minat mengikuti olimpiade dari setiap angkatannya itu selalu ada, dan lebih dari 2 orang per mata olimpiade. Jadi mereka yang mengikuti olimpiade gaada unsur paksaan sama sekali lagi dari sekolah. Karena udah jadi ambisi mereka untuk dapetin medali di olimpiade KSN, KSM atau sejenisnya. Sekali lagi, keren pokoknya. 

Seni? Ini cukup melekat di memori setiap alumni ICSI. Ya ga, temen-temen? Siapa si yang ga punya kenangan tentang seni di MAN IC SIAK? Kalo ada, kalian yang menyedihkan. Karya seni yang luar biasa selalu di hasilkan dari jeri payah yang luar biasa juga. Ga afdol kalo karya seni dibuat tanpa air mata. Haha. Udah itu aja untuk seni, kayaknya cukup untuk mendeskripsikannya.

Oh iya hampir lupa. Ini yang paling baru nih. Sistem Belajar Onlinenya. Kalian tau ga si kenapa aku buat artikel ini? Aku berharap guru-guru atau staff-staff sekolah yang sistem di sekolahnya masih "absen-tugas-nilai-selesai" itu baca artikel ini dan terinspirasi untuk berevolusi. Kenapa aku berharap gitu? Kita pasti menaruh harapan kan di generasi di bawah kita. Gimana ceritanya kalo sistem belajar di sekolah mereka masih underrated. Berdoa aja, semoga edukasi di Indonesia lekas membaik dan meraih puncak yang cemerlang.
~Back to main topic~
Jadi sistem belajar online di MAN IC SIAK juga cukup menguras effort yang luar biasa, baik dari pihak guru maupun para murid. Kita hampir setiap pertemuan itu menggunakan platform ZOOM MEETING. Mau itu cuman 5 menit untuk hanya sekedar absen dan pemberitahuan tugas atau full 1 jam pelajaran. Pokoknya para murid ketika jam sekolah di tuntut untuk standby di depan device nya masing-masing. Udah kayak belajar offline aja, ada sanksi-sanksi yang udah di sepakati, kalo salah satu dari peraturan belajar online itu dilanggar ya dia harus bayar konsekuensinya. Gaada celah kita untuk nge les ini itu. Kita yang harus kejar ilmu. Itu baru SMA. Bukan lagi SD, guru yang nyuapin ilmu ke murid-muridnya. Bukan lagi SMP, guru yang nyediain ilmu di depan mata, tinggal di comot. SMA ngga gitu. Kita yang petik sendiri, kita yang masak sendiri, kita yang kunyah sendiri. Kuliah apa lagi. 
Tapi ngga seketat itu juga. Ngga sampe mau ke kamar mandi juga harus nahan-nahan kebelet. Ngga. Kalo emang keadaannya ngga memungkinkan untuk ikut pelajaran, kayak abis paket, lagi di pedalaman, kamera rusak, speaker rusak, semuanya di maklumi. Guru juga ga bisa maksa kondisi para murid untuk selalu di situasi yang di harapkan. Mereka maklumi hal-hal mendesak yang mereka gabisa bantu sama sekali. Intinya semua pasti ada jalan. Sing penting kalo emang gabisa ikut kelas, izin dulu. PC gurunya, PC ketua kelasnya. It's easy man. Pikiran kita aja yang susah. Mental kita yang dibawa berlilit-lilit. Padahal aslinya mah b aja. Ngga selebay itu.

Itu aja si.

AJA.

Haha, maap ya balik-balik bikin artikel panjangnya melebihi teks koran. Semoga kalian yang baca sampe akhir di jodohkan sama pasangan yang cocok dan selalu di naungi oleh keridhoan Allah SWT. Kalo yang bacanya udah nikah, semoga nikahnya sampe Jannah ya Bapak Ibu :)

Salam 🙏🙏

ps : nanti aku buat daftar isinya kalo kalian males baca semuanya. nanti. kapan-kapan :o

Comments